Home > HR Manajemen, Uncategorized > Empat Rahasia Sukses Pencari Kerja

Empat Rahasia Sukses Pencari Kerja

Keberuntungan adalah apa yang terjadi ketika persiapan bertemu kesempatan.

Banyak orang frustasi lantaran tidak kunjung mendapat pekerjaan. Padahal mereka sudah merasa berusaha maksimal. Seketika, Anda mungkin menganggap diri tidak pernah beruntung dan selalu bernasib buruk.

Salah seorang psikolog mengatakan, keberuntungan berkaitan dengan cara berpikir dan bagaimana seseorang memandang hidup ke depan. Seperti pepatah lama, “Keberuntungan adalah apa yang terjadi ketika persiapan bertemu kesempatan.”

Berikut rahasia sukses para pencari kerja:

1. Percaya diri sebagai seorang ‘lucky person’
Berpikirlah positif dan selalu optimis. Ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pola pikir yang benar dan bisa meraih keberuntungan bagi si pencari kerja. Anda harus benar-benar percaya bahwa hal-hal yang baik akan terjadi. Jangan terlena dengan pikiran negatif.

“Jika Anda yakin beruntung banyak waktu, Anda akan cenderung untuk memperlihatkan perilaku yang membuat orang lebih responsif terhadap Anda,” ujar Martin Seligman, profesor psikologi di University of Pennsylvania dan penulis buku ‘Authentic Happiness’.

2. Anggap diri sebagai seorang istimewa
Jika terus-menerus membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Pertimbangkan hal berikut: Hanya karena seseorang mungkin memiliki nasib baik (misal memenangkan lotere atau mendapatkan pekerjaan) itu tidak berarti kebahagiaan terjamin.

Pepatah mengatakan, “Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau.” Tapi ada hal yang selalu harus diingat, hanya karena sesuatu yang mungkin tampak besar bagi seseorang, itu bukan berarti akan menjadi hal yang juga baik untuk Anda. Anda harus membuka jalan Anda sendiri, bukan terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain.

3. Belajar kendalikan emosi
Waspadalah dengan kondisi emosi Anda. Emosi negatif bisa menghambat keberuntungan karena bisa memicu kebencian, amarah, cemburu, atau rasa malu. Hal ini justru akan menghambat Anda mendapatkan bantuan atau kerja sama dari orang lain.

Belajarlah mengendalikan emosi negatif yang muncul demi menciptakan rasa lebih optimis, percaya diri, dan ekstrovert. Dengan begitu, semua orang yang tertarik membantu Anda akan berpikir bahwa Anda memiliki kepribadian yang menarik.

4. Berpikir terbuka dan perluas pergaulan
Cobalah selalu berpikir terbuka terhadap segala peristiwa. Lihat setiap kejadian sebagai situasi yang potensial untuk meningkatkan keberuntungan. Misalnya, saat melakukan percakapan dengan seseorang yang duduk di sebelah Anda di pesawat, dapat membuka jaringan kerja. Atau bergaulah dengan kelompok sosial yang berbeda.

“Selalu menjadi orang yang terbuka dalam pergaulan dan bersiaplah untuk membuat kesalahan,” kata John Krumboltz, profesor pendidikan di Universitas Stanford. “Dengan begitu, Anda akan mendapatkan lebih banyak pegalaman hidup.”

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: