Home > HR Manajemen > Tips untuk Penilaian Performa

Tips untuk Penilaian Performa

Untuk meminimalkan tunutan hukum karyawan, majikan harus mengembangkan daftar periksa hal-hal yang perlu untuk menunjang sistem penilaian yang adil, konsisten, legal, dan wajar.

  • Berikan penilaian terhadap standar performa karyawan di muka. Ketika seorang karyawan baru dipekerjakan atau ketika standar baru diberlakukan, supervisor harus merevisi deskripsi kerja dan formulir evaluasi performa, dan salinannya harus diberikan kepada semua karyawan yang terpengaruh.

  • Dokumentasikan semua masalah performa secara berkala berdasarkan formulir penilaian yang sesuai atau formulir disiplin progresif. Berikan salinan segera ke karyawan. Format yang benar untuk menjalankan evaluasi akan menghasilkan catatan informasi yang akurat dan menyeluruh. Sebaliknya, informalitas akan menghasilkan klaim diskriminasi.
  • Berikan masukan yang relevan kepada karyawan. Evaluasi yang bias, umum, atau subjektif dapat mengakibatkan tuntutan hukum.
  • Segera lakukan evaluasi terhadap karyawan yang nonprodutif. Apabila manajer mentoleransi karyawan dengan masalah performa selama beberapa bulan dan tiba-tiba memberinya evaluasi negatif dan memberhentikannya, maka karyawan dapat mengklaim bahwa tindakan itu sewenang-wenang atau diskriminatif dan dia mungkin akan dapat menunjukkan bahwa tidak ada kesempatan baginya untuk memperbaiki.
  • Berikan kesempatan kepada karyawan untuk berkomentar atau membantah tentang penilaian performa. Ini akan mendukung kenyataan bahwa Anda telah memberi peringatan kepada karyawan.
  • Latihlah supervisor untuk mengevaluasi performa karyawan dan untuk menjalankan sistem penilaian di perusahaan.
  • Buatlah sistem audit pengkajian untuk mencegah bias atau perasaan pribadi para manajer terhadap proses penilaian.
  • Buatlah pernyataan kebijakan tertulis yang hanya menyetujui prosedur khusus untuk menjalankan penilaian.
  • Dokumentasikan lewat file performa serta pengujian terkait pekerjaan, sistem rating, formulir penilaian, dan memorandum bertanda tangan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: