Home > HR Manajemen, Motivasi > 7 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

7 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Banyak hal yang dapat menentukan produktivitas kita sebagai seorang pekerja di kantor. Salah satunya adalah suasana dan penataan ruangan. Semakin sehat dan nyaman penataannya, makin baik produktivitas karyawan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda usahakan di kantor.

1. Miliki sandaran tempat duduk yang nyaman. Kursi yang nyaman adalah kursi yang bisa menyangga punggung bagian bawah dan bisa diatur ketinggiannya. Usahakan agar lutut Anda bisa berada dalam keadaan lurus dan telapak kaki bisa menjejak lantai dengan pas. Pastikan juga saat mengetik, Anda duduk tegak dan lengan Anda bisa beristirahat.

2. Atur jarak monitor dengan Anda. Leher dan mata akan terasa lelah jika terlalu dekat atau terlalu jauh dari monitor. Jarak ideal antara monitor dengan Anda adalah antara 45-70 cm, dengan posisi sejajar pandangan mata yang lurus. Untuk menghindari kelelahan mata, jangan taruh komputer membelakangi jendela yang terang. Perlu diingat pula, usahakan agar tulang belakang Anda tetap lurus saat menghadapi komputer. Jangan menempatkan layar dan keyboard komputer menyerong di meja. Lama-kelamaan ini akan menimbulkan masalah pada tulang punggung Anda.

3. Gunakan kubikel dan sekat untuk memisahkan ruang Anda dengan rekan kerja lain. Privasi dan suasana yang tenang bisa membuat Anda lebih konsentrasi dalam bekerja.

4. Atur pencahayaan di ruangan kantor Anda. Cahaya yang cukup dan tidak berlebihan bisa memberikan semangat pada Anda untuk bekerja lebih giat. Terlalu gelap akan membuat kita sulit bekerja. Sebaliknya, terlalu banyak sinar dari lampu juga tak baik untuk kreativitas. Upayakan juga agar masih ada sinar matahari di dalam ruangan.

5. Hindari cedera pada leher karena terlalu banyak mengapit gagang telepon dengan pundak dan telinga Anda. Sebaiknya Anda membeli headset saja. Selain memberi Anda keleluasaan bergerak saat menelepon di kantor, Anda juga terhindar dari cedera.

6. Cari suhu/temperatur yang paling tepat dari pendingin udara untuk seluruh karyawan di ruangan Anda bekerja. Temperatur yang tepat amat baik untuk membantu Anda bekerja sebaik-baiknya. Terlalu dingin akan membuat otak Anda susah bekerja. Terlalu panas sehingga berkeringat pun akan membuat Anda tidak nyaman dalam bekerja.

7. Terakhir, kenangan-kenangan manis dari orang-orang yang memotivasi Anda untuk bangun dan bekerja setiap hari tentu amat patut disimpan di meja kerja. Maka, letakkan foto orang-orang terkasih (orangtua, pasangan hidup, kekasih, teman, saudara, dll) – plus hewan peliharaan Anda – di atas meja Anda.

Selamat bekerja…! Semoga produktivitas Anda dalam pekerjaan bisa terus meningkat dan Anda bisa meraih sukses yang dicita-citakan.

Sumber:  http://www.andriewongso.com

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: